Pages

Kamis, 04 Juni 2015

Nugget Udang Wortel Homemade


Sebenarnya pengen buat nugget ayam, tapi gak punya food processor, mau pakai blander bisa-bisa blandrnya jebol kena serat daging. Ya wis lah berubah haluan akhirnya buat nugget udang,mumpung ada udang. Terus ada wortel juga, ya da dipakai juga. Lumayan lah ntar buat Ais. Mungkin dia mau kalau wortelnya udah gak kelihatan bentuk aslinya (Ais gak mau sayur, jadi kudu pinter-pinter nyiasati..pengennya maem coklat aja....brownies tu kue favoritnya.hihihi...sampe tengah malam minta dibuatin brownies). Akhirnya jalan-jalan dulu ke blog-blog tetangga, nemu dech resep nugget, tapi ini ayam + wortel. Resepnya JTT, ni resepnya ada di sini. Karena waktu da mepet keburu ais bangun, ya sudah pakai resep itu, ayamnya kuganti udang, terus bahan-bahan yang gak ada di rumah aku skip, takaran-takarannya juga aku sesuaikan sama berat udang n wortelnya.
Setelah beberapa jam masuk freezer, aku goreng, aku taruh di wadah yang gak biasanya dibuat makan sama ais (salah satu caraku menyiasati biar ais mau makan, ya... pakai wadah-wadah yang bervariasi) alhamdulillah minta "hak....hak" terus meskipun gak mau makan sendiri tak apalah...mungkin dia lagi males maem sendiri, yang penting wortel plus udangnya da masuk.heheheh
Yuk bunda, buat sendiri...kalau buat sendiri kan non MSG...jadi aman buat si kecil...Ni aku bagi resepnya.
Nugget Udang Wortel Homemade



Bahan & Bumbu:- 125 gram daging udang(sudah dikupas kulitnya+kepalanya), haluskan
- 1 buah wortel serut kasar
- 1/2 buah bawang bombay, serut kasar
- 3 buah bawang putih, haluskan
- 1 butir telur
- 1/2 sendok makan tepung maizena
-  1/2 sendok teh merica bubuk
- garam secukupnya
- gula pasir secukupnya
- 1 sendok makan tepung panir, saya pakai tepung panir putih
- Minyak untuk menggoreng

Untuk lapisan permukaannya:
- 4 sdm tepung terigu, larutkan dengan air (kira-kira saja, asal jangan sampai terlalu kental atau terlalu encer), saya gak pakai telur untuk lapisan pencelupnya
- tepung panir secukupnya, saya pakai tepung panir orange

Cara membuat:
  • Siapkan loyang,   Alasi permukaan loyang dengan plastik. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya . Kukus adonan selama 25 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.
  • Kaluarkan adonan dari dalam kukusan, biarkan hingga benar-benat dingin. Lepaskan adonan dari loyang, buang plastiknya.  Potong-potong adonan sesuai bentuk yang anda inginkan (saya potong panjang-panjang seperti stik)
  • Gulingkan potongan nugget ke dalam adonan tepung terigu, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget. Gulingkan sekali lagi nugget ketepung terigu dan tepung panir, agar nugget lebih crispy
  • Simpan dalam freezer, agar tepung roti lebih merekat. Aku kemarin buat pagi, digoreng sore.
Nugget yang baru keluar dari freezer

  •  Keluarkan dari freezer, goreng dengan api sedang hingga matang.




Happy cooking!!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar