Pages

Rabu, 01 November 2017

Sukun Goreng Tepung

Pada tau yang namanya buah sukun kan? Buah sukun berbentuk bulat cenderung lonjong, berwarna hijau dan akan menguning kalau sudah matang.Rasaanya manis kalau sudah matang. Orang Eropa menyebutnya buah roti, karena setelah dimasak atau di goreng buah ini empuk, mirip roti.


Buah sukun

Dalamnya buah sukun

Kemarin pas waktu pulang dari kampus, lewat daerah delta sari, sidoarjo, ada bapak-bapak tua jualan di pinggir jalan gitu. Si ayah turun, ternyata bapaknya jual sukun yang sudah dikukus, ayah beli satu.
Nyampek rumah langsung saja dimasukkan kulkas karena belum sempat masak, mulai dari siang di kampus, sorenya kulakan kacang, hari yang melelahkan.
Paginya, si sukun dieksekusi, karena di rumah banyak tepung sisa orderan kue, akhirnya dibuat sukun goring tepung saja, lumayan buat bekal sarapan ayah di kantor. Sukun ini mengandung karbohidrat, jadi pasti mengenyangkan.
Ini aku share resep sukun goreng tepung ala aku ya..


Sukun Goreng Tepung


Bahan:
  • Sukun, aku timbang beratnya 840 gram, itu aku bela jadi empat, dikuliti dulu ya, terus diiris jadi 5 atau 6 slice. Sengaja aku buat sedikit karena keburu si ayah berangkat ngantor.
  • 5 sdm tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 100 ml air
  • Sejumput garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
  1. Campur tepung, gula pasir, garam dan  tambah kan air sedikit demi sedikit, sampai tercampur rata. Airnya kalau sudah pas, jangan ditambah lagi ya nanti keenceran. 
  2. Masukkan irisan sukun, balur di adonan tepung.
  3. Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecoklatan.
  4. Siap dihidangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar