Pages

Kamis, 18 Februari 2016

Cilok


Pagi full baking,tapi sudah janji mau masakin ayah e ais kalau pulang kantor. Tapi bingung mau masak apa. Akhirnya kuurungkan niat,pikirku nanti beli ayam goreng sajalah. Ternyata sorenya,pas mau keluar beli ayam goreng lha kok hujan, gak bisa keluar..tambah bingung jadine,masak gak makan ntar,akhirnya nyari-nyari di bahan sisa baking tadi pagi,nemu terigu sama tapioka, lihat dikulkas ada sisa bawang daun juga, terus ada kacang juga...terus kapan hari nemu resep ciloknya mbak ricke indriani,akhirnya buat cilok sajalah buat makan malam.hehehe.Ayah ais kalau makan malam itu gak harus nasi.
Resep aslinya di sini ya, kalau yang aku share di sini yang sudah aku rubah dengan semena-mena.hihihi. sudah disesuaikan sama yang ada di rumah. maaf ya mbak ricke..thank you juga buat resepnya.

Cilok



Bahan:
85 gram tapioka
85 gram terigu
2siung bawang putih,haluskan
1sdt garam
1 sdt gula
8 batang bawang daun,iris kecil
200 ml air
1/2 sdt merica
500 ml air untuk merebus
Sambal Kacang:
5 buah cabe rawit
40 gram kacang tanah,goreng
Garam secukupnya
75 ml air
2,5 sdm kecap manis

Cara membuat:
  1. Campur tapioka+terigu+bawang daun,sisihkan.
  2. rebus air dengan bawang putih halus+garam+gula+merica hingga mendidih.
  3. Campur air ke dalam tepung,uleni hingga kalis,kalau sekiranya sudah bisa dibentuk hentikan penambahan airnya. (Kalau dipetunjuknya sih seperti itu,tapi aku kemarin airnya terlqnjur dituang,jadi adonan e agak lembek gt,akhirnya aku bentuk bulat-bulat dengan memakai dua buah sendok teh,tetus langsung dimasukkan air mendidih sampai mengapung,baru ditiriskan).
  4. Koreksi rasa,caranya ambil sedikit adonan masukkan ke air mendidih,kalau sudah mengapung,angkat tiriskan,biarkan agak dingin cicipi,kalau kurang gula atau garam bisa langsung ditambahkan di adonannya,terus uleni lagi.
  5. Bentuk bulat-bulat sampai adonan habis,sementara itu didihkan air kira-kira 500ml masukkan adonan yang sudah dibulat-bulat tadi,angkat,tiriskan.

- Sambel kacang--- haluskan kacang+cabe+garam,tambahkan air kira-kira 75 ml ( jangan keenceran atau terlalu kentel jg),terakhir tambahkan kecap manis kira-kira 2,5 sdm ( sesuaikan selera saja,kalau suka manis bisa ditambahi).
Siap dihidangkan,sambelnya mirip sambel cilok mas-mas yang jual keliling.



Selamat mencoba.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar