Pages

Rabu, 25 Mei 2016

Jemblem



Jemblem adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong kukus yang dihaluskan kemudian dibentuk bulat,diisi gula merah dan digoreng.
Kemarin di rumah ada stok singkong mau dipake ibu buat opak samiler,tapi karena ibu lagi malas akhirnya gak jadi dibuat opak samiler dech. Daripada singkongnya ngayu akhirnya kueksekusi saja,dijadikan jemblem buat sarapan ayahnya ais.Tapi karena di rumah gak ada stok gula merah,akhirnya pake gula putih saja.
Jemblem ini kalau jaman dulu di halusin di lumpang pake alu,tapi karena sekarang gak ada peralatan seperti itu akhirnya aku halusin pake cobek saja.hehehe..pake ulegan gitu....berattt..apalagi pas singkongnya udah dingin..hmmm makin kerasa beratnya..tapi demi suami tercinta ya sudahlah..nguleg singkong satu kilogram.
Jadi banyak jemblemnya ini kemarin,aku masukin kulkas tak goreng pas lagi pengen ngemil.
Sudah dulu curcolnya ya.hihihi.ini aku share resep jemblemnya.

Jemblem



Bahan:
1kg Singkong bersihkan, potong-potong,kukus kurleb 45menit sampe lunak,haluskan.
Gula pasir secukupnya (karena lagi gak punya gula merah).
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.


Cara membuat:
- Ambil singkong halus kurleb 2 sdm,atau bisa dikira-kira saja,sesuaikan selera saja ukurannya.kalau aku kemarin sih agak kecil jadinya. Kan singkong itu karbohidrat,jadi kalau terlalu besar ya kekenyangan. Oya jangan lupa pakai sarung tangan plastik ya kan ntar dibulet-bulet pake tangan.
- Pipihkan,beri gula pasir 1 sdt,tutup dan bulatkan.pastikan nutupnya sudah rapet ya,karena kalau gak rapet,lelehan gula akan keluar saat digoreng. Lakukan sampai adonan habis.
-Siapkan minyak goreng panas. Goreng jemblem dengan api sedang sampai kuning kecoklatan.
- Jemblem siap dihidangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar