Pages

Senin, 08 September 2014

Lumpia Sayur

Kepingin buat lumpia, tapi kulitnya gak mau beli kulit yang sudah jadi,
pegen buat sendiri aja, coz kadang kulit yang di jual di pasar gak enak rasanya. Sekalian ngabisin bahan di kulkas...sreng....sreng...eksekusi dimulai......hehehhehe

Lumpia Sayur



Bahan Kulit:
(ini aku otak-atik sendiri,tapi tetep aku timbangi soalnya mau tampil di blog lumpianya...hehehe)
200gram tepung terigu protein rendah
1/2 sdt garam
1 butir telur
450 ml air
2sdm minyak goreng
Minyak untuk menggoreng


Bahan Isi:
(isinya ini seadanya ya,,,yang ada dikulkas aja.ntar dikira aku pelit coz cuma 2 varian aja,wortel n taoge.hehehe.bisa dicampur rebung, daging de el el)
225gr wortel,iris memanjang seperti korek api,cuci
50 gr taoge,cuci
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 batang bawang daun/bawang pre, cincang kasar
1/2 sdt merica bubuk
minyak untuk menumis
sedikit air

Cara membuat:
Kulit---- Campur,tepung,garam,telur, tuang air sedikit-demi sedikit sambil diaduk terus sampai butiran-butiran tepungnya larut,setelah itu masukkan 2 sdm minyak goreng, aduk lagi.Siapkan wajan teflon berdiameter 22cm,beri sedikit minyak,tuangkan adonan 1 sendok sayur kedalam wajan yang sudah dipanaskan.klo wajan digoyang-goyang adonannya leps sendiri berarti sudah matang n siap diisi. Ulangi sampai adonan habis.Pemberian minyak goreng di wajan, dilakukan pada waktu memasukkan adonan yang pertama, selanjutnya tidak perlu lagi.

Isi---Haluskan bawang putih dan garam, tambahkan merica bubuk. Tumis bumbu haus tersebut, masukkan bawang daun, tumis lagi, masukkan wortel,beri air, kira-kira 100ml untuk melunakkan wortel. Masukkan gula,tunggu sampai wortel lunak, n air sedikit habis,masukkan taoge, aduk-aduk 3 menit, angkat.




Ambil 1 lembar kulit lumpia, isi dengan isiannya, gulung dan sisihkan.ulangi sampai kulit dan isian habis.


Siapkan minyak panas. Pada bagian lipatan terakhir,agar kulit tidak terbuka waktu digoreng, beri perekat dengan cara mengolesnya dengan campuran terigu dan air (terigu dicampur dengan sedikit air, jangan terlalu encer). Goreng lumpia sampai kuing kecoklatan....

Lumpia yummi, siap dimakan,,,gak kerasa,10 lumpia langsung habis dimakan, sisanya aku masukin kulkas,aku goreng esoknya buat sarapan.

Selamat mencoba...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar