Pages

Kamis, 13 November 2014

Pastel Basah Mini

Banyak yang bilang di blog atau group makanan kalau pastel yang keluar printilan (ada gelembung-gelembungnya) itu yang berhasil, tapi aku gak begitu suka yang kayak gt, sepertinya pas digigit itu kurang gimana gt...:-p . Akhirnya aku browsing-browsing lagi, nemu dech resep yang pas menurutku, dari dapurnya mbak Rita D'Fahry (ada di cookpad) http://dapurmasak.com/resep/pastel-isi-bihun-sayur-superior-2802 tapi aku cuma ngopi resep kulitnya aja, sinya aku modifikasi sendiri. 
Uji coba pertama kali pakai resep ini, hasilnya....wow, pas banget, n tidak mengecewakan, langsung bungkus dech buat oleh-oleh ibu mertua di probolinggo. Ni aku tulis lagi ya resepnya, aku cuma buat setengah resep aja waktu itu...(ini nyobanya da lama tapi baru sempat posting)

Pastel Basah Mini
Bahan:

  • Kulit--- 250 gram tepung terigu (aku pakai tepung protein rendah, semar), 100 gram margarin dilelehkan (aku pakai blu*band, karena rasa margarinnya asin, jadi rasanya lebih nendang),1 butir telur kocok lepas,1/2 sdt garam.
  • Isi--- 2 buah wortel (250 gram,potong dadu kecil), 1 buah kentang (100 gram,potong dadu kecil), 100 gram daging cincang kasar (bisa diganti udang atu ayam), daun bawang (bawang pre) secukupnya,3 siung bawang putih, 1 sdt garam, 2 -3sdt gula, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdm maizena (dilarutkan dengan sedikit air),minyak untuk menumis
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
  • Kulit---Campur tepung dan margarin leleh, uleni sampai rata, beri garam dan masukkan telur yang sudah dikocok lepas tadi,uleni lagi. banting-banting sebentar, kalau adonannya masih kurang air boleh ditambah air es (aku kemarin gak pakai air sama sekali).Giling pakai gilingan mie,sampai tipis, dan bentuk bulat-bulat (pakai tatakan gelas), aku kemarin gak pakai gilingan karena gilingannya rusak, jadi kugilas pakai botol aja.
  • Isi---Haluskan Bawang putih dan garam, tambahkan merica bubuk, tumis. Masukkan daging dan bawang pre, tumis-tumis bentar,  masukkan kentang, wortel,tambahkan air kira-kira 100ml(sampai semua bahan tercelup), beri gula.masak sampai wortel dan kentang lunak. Setelah air sisa sedikit, masukkan larutan maizena, aduk-aduk lagi sampai bergelembung-gelembung, matikan api.
  • Masukkan isi dalam kulit tadi, cubit-cubit.taruh di wadah yang sudah ditaburi tepung terigu.Ulangi sampai adonan habis.
  • Goreng dalam minyak panas sampaikuning kecoklatan.
Selamat mencoba, good luck!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar