Pages

Selasa, 17 Maret 2015

Lemper Bungkus Nori

Sabtu kemarin dioleh-olehi ibu mertua nori (lembaran rumput laut yang dikeringkan) 3 bungkus, mudah kok dapatnya, sekarang banyak dijual di toko-toko sekitar kita seperti indom*ret atau al*amart. Bingung diapain, aku browsing-browsing internet. Nemu di webnya sajin sedap (sase) lemper yang dibungkus nori, ya wis itu aja lah...akhirnya diputuskan bersama (aku sama ayah ais) kalau buat lemper bungkus nori aja buat makan malam ayahnya ais kemarin. Tapi, resesepnya aku pakai resep lemper ibu ku, cuma idenya aja yang lihat di sase. Ni resepnya aku bagi bu ibu, kalau gak mau ribet, pesen di aku aja...hehehe :-)

Lemper Bungkus Nori


Bahan:
15 lembar nori
250 gram ketan putih,aku rendamnya lama sekitar 7 jam an, biar empuk,rendamnya pakai daun pandan biar wangi


rendaman ketan putih

150 ml santan kental dari 1/4 butir kelapa (kelapanya lumayan besar), rebus, beri garam,jangan sampai pecah.
garam secuku[nya
Bahan isi:
250 gram ayam, kukus, suwir-suwir, haluskan (aku uleg), aku pilih ayam yang bagian dada(dagingnya lebih banyak)

ayam yang sudah dihaluskan

1 batang daun bawang, iris kasar
50 ml air matang
minyak untuk menumis
Bahan halus--- 2 siung bawang putih, 1/2 sdt merica bubuk, garam dan gula secukunya (isinya aku suka manis coz ketannya gurih, jadi gulanya aku banyakin)

Cara Membuat:
  • Ketan yang sudah direndam, dikukus bersama pandannya tadi kurleb 30 menit.setelah matang, taruh di wadah, ambil santan sedikit-demi sedikt, sambil cicipi rasanya, klo kurang asin bisa ditambah garam, sambil diaduk terus sampai rata.
  • Kukus kembali kurleb 30 menit, angkat, sisihkan.
  • Isi---tumis bumbu halus,masukkan daun bawang tumis lagi, masukkan ayam, beri air, aduk rata, biarkan air mengering, sambil cicipi rasanya, kalau kurang manis atau asin bisa ditambah porsi gula atau garamnya.
  • Setelah isi matang angkat.
  • siapkan plastik lebar, ambil 1,5 sdt ketan, pipihkan.
  • Isi tengahnya dengan bahan isian,gulung, kepal-kepal(padatkan), sampai berbentuk lonjong.Ngepalnya pakai plastik ya bu ibu, biar gak lengket di tangan.
  • Siapkan nori, letakkan ketan yang sudah dibentuk tadi diatas nori,gulung.Ulangi sampai ketan dan nori habis.
  • Taruh di piring, sajikan
ready... :-)

Kemarin jadi 15 buah
Happy cooking!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar