Pages

Senin, 16 Maret 2015

Tahu Isi

Kalau di tempatku,Sidoarjo, Jawa timur makanan ini namanya tahu isi. Di daerah lain ada yang menyebutna tahu brontak, tahu susur. Basenya tahu, diisi bihun goreng plus serutan wortel n taoge, dilumuri tepung berbumbu, digoreng.Soal rasa gimana???jangan ditanya soal rasa, jawabnya enakkkkkk.Ini makanan rakyat.Murah dan enak. Di tempatku masih ada yang jual 1 pcs nya Rp 500,- ...Hmmm...untung gak ya pak tahu itu dengan harga jual segitu,tapi kalau gak untung gak mungkin juga beliau jualan tiap hari... :-)..ya wis laah, lupakan pak tahu isi itu....yuk kita buat sendiri aja, lebih bangga dengan hasil buatan sendiri.ckckckck
kemarin aku buat tahu isi ini hari jumat sore, aku goreng sedikit-sedikit, sisanya aku masukin kulkas, biar anget-anget makannya...alamdulillah sampai minggu pagi masih aman, gak basi.Mau aku bagi??aku bagi resepnya aja ya???heheheh, yuk mariii!!!!

Tahu Isi


Bahan:
3 buah tahu ukuran besar, 1 tahu di potong jadi 8, goreng.
Minyak untuk menggoreng

Bahan isi:


150 gram bihun jagung, rendam kurleb 15 menit




150 gram wortel, serut

75 gram taoge
4 batang daun bawang,iris kasar
Air secukupnya

2 siung bawang putih,haluskan
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula secukupnya
minyak untuk menumis
Bahan Kulit:
50 gram tepung terigu
1/2 sdt ketumbar,haluskan
1 buah kemiri,haluskan
1 siung bawang putih,haluskn
1 slice kunyit,haluskan
1 lembar daun jeruk purut,haluskan
garam secukupnya
gula secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
  • Belah tahu yang sudah di goreng (untuk membuat lubang isi), sisihkan.
  • Isi---- Tumis bumbu halus (bawang putih, merica, garam, gula), masukkan bawang daun dan wortel, tambahkan sedikit air (kira-kira 50ml), tunggu sampai wortel lunak. Setelah wortel lunak, masukkan bihun jagung yang sudah direndam, aduk rata. Cicipi rasanya, kalau kurang asin atau manis bisa ditambah porsi garam atau gulanya.Terakhir masukkan taoge, aduk sebentar, setelah taoge layu angkat. sisihkan.
Bihun goreng, isian tahu isi

  • Kulit--- masukkan tepung terigu ke dalam wadah, campur dengan bumbu halus(ketumbar, kemiri, bawang putih, kunyit, daun jeruk purut), tambahkan air secukupnya (jangan terlalu encer, kalau sudah kental, hentikan penambahan airnya), tambahkan garam dan gula sesuai selera.Sisihkan.
  • Ambil tahu satu per satu, beri isi, sisihkan.
Tahu yang sudah diisi bihun goreng
  • Siapkan minyak panas. Ambil tahu yang sudah diisi, lumuri dengan adonan kulit, goreng sampai matang. Angkat dan sajikan.
Ready.... :-)

Happy cooking!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar